Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melakukan Spooring Manual, Gunakan Benang dan Meteran

Cara Melakukan Spooring Manual



Cara Melakukan Spooring Manual, Seiring Pemakaian mobil untuk transportasi harian, masalah sistem kemudi menjadi masalah yang sering terjadi. Mobil tiba-tiba menjadi lari ke kiri atau ke kanan. Hal ini wajar saja terjadi, karena bisa saja mobil anda sering melewati jalan yang rusak, ban mobil anda sering menghajar lubang. 


Tanda mobil anda sudah waktunya untuk dilakukan spooring adalah ketika keausan ban mobil anda tidak rata. misal sisi bagian dalam atau bagian luar ban lebih cepat botak. 


Permasalahnya jika kondisi keuangan sedang tidak ada untuk budget melakukan spooring ke bengkel, sedangkan biaya untuk spooring dan balancing terhitung cukup mahal. Solusinya, anda bisa melakukan spooring manual sendiri dirumah dengan alat alat sederhana. 

Metode Spooring Ban Mobil Manual Memakai Benang serta Meteran. Spooring merupakan sesuatu proses pengerjaan buat mengembalikan sudut geometri pada roda mobil yang cocok dengan standar pabrikan, spooring bertujuan buat menyelaraskan gerak serta posisi roda kiri serta kanan supaya normal. Buat memperoleh hasil spooring ban mobil yang pas memanglah hendaknya kita bawa mobil ke bengkel yang melayani jasa spooring serta balancing. Tetapi bila mau melaksanakan proses spooring ban mobil sendiri secara manual dengan memakai benang serta meteran hingga tidak terdapat salahnya buat berupaya metode yang hendak aku bahas berikut ini.

Metode Spooring Ban Mobil Manual Memakai Benang serta Meteran



Untungnya Spooring Sendiri Secara Manual Apa?


Kenapa butuh spooring ban mobil sendiri? Sebab yang awal, terkadang- dan bisa jadi ini tidak sering terjadi- kalau mekanik di bengkel kadangkala kurang pas serta kurang akurat dalam melaksanakan proses spooring mobil, ini tidak sering terjalin. Tetapi yang tentu dengan melaksanakan spooring sendiri paling tidak kita bisa belajar buat melaksanakan proses spooring ban mobil serta bisa mengirit duit dong jika spooring dapat dicoba sendiri?


Setelah itu, keuntungan melaksanakan spooring sendiri secara manual serta dengan metode yang simpel merupakan hasil yang didapatkan bisa jadi lebih baik, sebab dengan melaksanakan spooring sendiri kita dapat memakai sistem trial error. Ialah berupaya terus bila hasil yang didapatkan kurang cocok, setel lagi, coba lagi, setel lagi hingga cocok.


Terdapat 2 metode ataupun panduan yang hendak aku bahas, ialah spooring ban mobil secara manual memakai meteran serta spooring manual memakai benang. Ayo kita bahas satu persatu metode spooring ban mobil secara manual berikut ini.

Spooring Ban Manual Memakai Meteran


Metode spooring ban yang awal merupakan dengan mengenakan meteran triknya sangat gampang, ialah selaku berikut: Jalankan mobil pada jalur yang rata serta lurus kira- kira jalur maju selama 3 m, setelah itu tarik rem tangan ataupun hand brake. Supaya seluruh roda lurus, tarik meteran serta ukur jarak ban depan dari ban sebelah kiri ke ban sebelah kanan dengan posisi pengukuran: tempelkan meteran pada bagian depan ban depan ukur jaraknya dari ban sebelah kiri ke ban sebelah kanan.


Berikutnya ukur kembali jarak ban depan dari ban sebelah kiri ke kanan, tetapi dengan posisi yang berganti: tempelkan meteran pada bagian balik ban depan, ukur jarak dari ban sebelah kiri ke ban sebelah kanan. Yakinkan ukurannya sama dengan batasan ataupun limit 1- 5 milimeter. Setelah itu buat menstelnya kendurkan mur tie rod serta setel tie rod dengan metode memutar tie rod ban setelah itu disetel hingga dengan dimensi ban depan di sisi luar membentuk kuncup dengan batasan antara 1 hingga dengan 5 milimeter.

Spooring Ban Manual Memakai Benang


Metode spooring ban manual yang kedua merupakan memakai benang, triknya selaku berikut: Jalankan mobil pada jalur yang rata serta lurus selama 3 m semacam metode yang awal, perihal ini buat membenarkan ban dalam posisi lurus. Untuk rata putaran setir antara ke kiri serta e kanan. Sehabis putaran setir dibagi rata, kemudian umumnya tali diikat pada bagian balik mobil ataupun pula bisa memakai jack stand.


Langkah selanjutnya merupakan tarik benang dari ban balik ke ban depan dengan bagian balik ban memegang bibir balik pada ban balik. Perhatikan bila benang rata pada sisi balik serta depan dari roda depan hingga keadaan roda dalam kondisi yang masih bagus. Tetapi bila nyatanya tidak cocok ataupun tidak rata, hingga butuh dicoba penyetelan.

Metode Menyetel Pada Spooring Roda




Metode menyetel tie rod merupakan selaku berikut: Perkirakan kalau jarak selisih benang dengan roda, kemudian jalani penyetelan pada as long tie rod, jalani penyetelan dengan sangat hati- hati, sedikit putaran hendak membagikan pengaruh yang lumayan besar di perpindahan roda. Sehabis benang rata pada sisi balik serta depan roda bagian depan. Hingga sobat bisa lanjutkan proses spooring pada ban bagian sisi yang lain.

Seperti itu metode spooring ban mobil manual memakai benang serta meteran mudah- mudahan berguna.