Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi Saluran WC Mampet Dengan Menggunakan Soda Api

Saluran WC yang mampet bisa disebabkan oleh beberapa hal, saluran pipa menuju septictank yang tersumbat atau kondisi septic tank yang sudah penuh. Perlu anda cari tahu kemungkinan paling besar dari dua hal tersebut, sehingga anda bisa memilih solusi yang paling tepat untuk mengatasinya. Wc mampet biasanya disebabkan kebiasaan membuang puntung rokok, rambut, kain, tisu, bungkus shampoo ataupun sampah lain ke dalam toilet. Penyebab Yang paling parah adalah jika saluran tersumbat Pembalut  bekas yang dibuang kedalam kloset. Sampah-sampah ini dalam jumlah yang banyak perlahan-lahan akan menyumbat saluran air ke septictank sehingga wc mampet. namun Jika Anggota Keluarga Anda tidak pernah membuang sampah kedalam toilet, kemungkinannya septic tank anda sudah penuh. 



WC Mampet Jika didiamkan saja tidak akan lancar dengan sendirinya, makin lama malah makin bau, oleh karena itu segeralah mencari solusi untuk wc mampet. Jika mampet disebabkan sumbatan karena kebiasaan membuang sampah kedalam toilet,  Salah satu bahan yang sering dipakai untuk mengatasinya adalah soda api dengan nama kimia Natrium hidroksida (NaOH). Soda api sudah terbukti efektif untuk  mengatasi WC mampet. Harganya murah dan mudah menggunakannya. Kita bisa membeli soda api di toko kimia atau toko bangunan.

Soda Api Untuk WC Mampet

Umumnya saluran air tersumbat kotoran sampah di bagian tengah pipa, Posisi ini cukup sulit untuk dijangkau. Satu-satunya cara Yang Bisa dilakukan adalah mengurai sampah penyebab sumbatan dengan larutan soda api. Soda Api dijuluki Anti-sumbat, karena banyak yang mencoba berhasil mempraktekkannya . NaOH memang terbukti dapat merusak sampah yang dilaluinya, selain itu karena bersifat anti korosi bahkan bisa membersihkan karat dan aman bagi pipa PVC atau besi. 
Anda bisa mendapatkan Soda Api Ditoko bangunan dengan Harga sekitar Rp. 2.500 untuk 100 gram, Rp. 10.000 untuk 500 gram dan 1kg sekitar Rp.20.000 . Ini Soda Api yang masih dalam bentuk bubuk. Kalau yang sudah berupa cairan biasanya lebih mahal karena telah dicampur dengan bahan lain.

Cara menggunakan soda api unutk WC mampet
  1. Siapkan soda api, panci dan air secukupnya
  2. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Fungsi dari Air panas ini untuk membantu mempercepat reaksi dari Soda Api.
  3. Gunakan masker selama proses kita mengatasi wc mampet, untuk meminimalisir bau yang tidak sedap.
  4. Anda harus berhati hati dalam menggunakan larutan ini karena Reaksi soda api dan air mengeluarkan panas yang bisa menyebabkan iritasi di kulit. Lebih Baik gunakan sarung tangan untuk melindungi kulit dan kacamata untuk melindungi mata.

Siapkan air panas dan soda api dan bawa ke kamar mandi
  1. Pertama-tama masukkan soda api ke dalam ember kecil. Tambahkan air panas ke dalam ember sambil diaduk-aduk sampai muncul letupan-letupan kecil. Jauhkan muka anda dari uap yang ditimbulkan reaksi kimia ini.
  2. Setelah tercampur siramkan air soda api ke lubang WC yang mampet. Lakukan penyiraman beberapa kali layaknya anda menyiram wc setelah buang hajat.


Perhatikan bahwa reaksi soda api cukup kuat, bisa meninggalkan bekas noda di keramik ataupun permukaan toilet anda. BerHati-hatilah, jangan sampai berceceran dalam menyiramkan larutan ini.

Saat Proses Penyiraman, Akan Terdengar suara gemuruh letupan, sebagai reaksi antara soda api dan kotoran yang menyumbat saluran air.

Biarkan beberapa jam Agar larutan soda Api bereaksi. Apabila dirasa cukup, cobalah menyiramkan air dingin ke dalam WC untuk melihat apakah saluran yang mampet sudah lancar atau belum.

Kalau masih tersumbat maka anda harus mengulangi proses ini sekali lagi untuk memastikan saluran air anda benar-benar bersih.

Ada kasus Sumbatan sampah berada di berada di belokan pipa, kondisi ini lebih sulit untuk dibersihkan. Perlu beberapa kali proses penyiraman agar bisa lancar kembali. jika sampah masih membandel mau tidak mau anda perlu membongkar saluran pipa WC dan pergunakan kawat besi untuk menarik sampah keluar.

Penyebab wc mampet selain adanya sampah menyumpat di saluran air adalah septictank yang sudah penuh. Untuk kasus ini anda punya dua opsi, memanggil tukang sedot WC atau menggunakan obat yang bisa mengurai dan menguras sampah didalam septic tank secara alami. salah satu produk yang bisa anda gunakan adalah BIOSEPT. Obat Ini Berisi Microba yang berfungsi mengurai ampas kotoran didalam septic tank sehingga bersih dan bisa menampung kotoran lagi. untuk pemesanan bisa menghubungi WA 0813-2524-7878. 

Sekian artikel tentang Soda Api untuk membersihkan Saluran WC yang Mampet. Yang perlu Di ingat jangan ulangi lagi membuang sampah di dalam toilet agar WC mampet tidak kembali terjadi. Lebih bijak dibuang di tempat sampah atau lebih baik lagi dibakar agar lebih steril.