Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Camping di Jogja, Sebelum Baca 6 Tempat Favorit untuk Camping Ini

Punya Hobi Berkemah? Dalam Waktu dekat Punya rencana mau Mengunjungi Jogja, dan disela-sela waktu yang ada ingin memanfaatkan kesempatan untuk camping semalam. Anda Mungkin Perlu referensi dimana saja kira-kira tempat yang sangat cocok untuk ber-camping. Jangan khawatir, jogja punya spot-spot untuk nge-camp yang luar biasa keren. Ada beberapa tempat yang dekat dengan pantai, ada yang berada di ketinggian, dan ada yang di waduk pengairan. Anda tinggal ingin memilih spot yang mana. Daripada bingung, kita kasih tahu nih referensi yang bisa anda pilih untuk lokasi ngecapm bareng teman-teman.

Ini 6 tempat camping di Jogja yang kami rekomendasikan untuk anda pilih. silahkan tentukan pilihan mana tempat yang cocok untuk nge-camp sesuai suasana hati anda saat ini. 

6 Tempat Camping di Jogja

 1. Pantai di Gunung Kidul


Gunung Kidul Sudah Menjadi Destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan domestik saat ini. Obyek wisata Pantainya yang membentang Sepanjang garis pantai laut selatan tidak terhitung jumlahnya. diantara pantai-pantai indah yang ada, terdapat beberapa pantai yang sangat keren jika digunakan untuk berkemah. Beberapa pantai yang pas untuk berkemah diantaranya 

pantai Ngrumput
Pantai Ngrumput ini membuktikan bahwa tempat camping di Jogja tidak hanya terbatas pada tempat camping di hutan atau pegunungan saja, tapi pantai pun bisa jadi tempat camping yang asyik. Di sini, pantainya masih terlihat sangat asri. Bahkan, menurut beberapa orang yang sudah pernah berkemah di pantai ini, pemandangan sunset di Pantai Ngrumput ini tidak ada duanya. Tampak beberapa tenda yang sudah didirikan oleh pengunjung pantai ini, sehingga Anda pun mengetahui bahwa Pantai Ngrumput memang merupakan salah satu spot camping menarik di Jogja.

Pantai Sedahan
Pantai Sedahan adalah pantai berpasir putih yang cocok untuk camping. Pemandangan dua buah batu karang yang nampak berhadap-hadapan ini membuat panorama di Pantai Sedahan ini berbeda dari pantai-pantai lainnya. Apalagi Pantai Sedahan ini belum terlalu ramai dan sesak, sehingga kegiatan berkemah pun jadi lebih melegakan.

Pantai Wohkudu
Pantai ini tidak terlalu ramai, sehingga sangat cocok untuk berkemah. Anda tidak perlu berdesakan untuk membangun tenda.  Pantai Wohkudu sering dijuluki sebagai hidden paradise karena pantainya sendiri diapit oleh tebing yang tinggi. Jika sedang beruntung mungkin hanya ada Anda dan rombongan Anda saja saat berkemah di sini sehingga rasanya seperti berada di private beach. 

2. Gunung Nglanggeran 


Hal yang paling menyenangkan adalah Camping di gunung . Udara di pegunungan yang sejuk menjadikan anda bisa berkemah tanpa perlu kepanasan. Di Jogja Selain Gunung Merapi Terdapat Gunung Merapi Purba yang sudah tidak aktif. Gunung Nglanggeran, Untuk sampai puncak dan mendirikan tenda anda perlu berjalan terlalu jauh. Pasalnya, puncak gunung ini hanya 900 meter, dan pendakian menuju puncak hanya membutuhkan waktu 1 jam saja. Erea Berkemah Tepat di bawah puncak. Anda bisa bergabung dengan orang-orang lainnya yang juga berkemah di puncak ini. Dari tempat Anda berkemah, Anda akan disuguhi pemandangan Embung Nglanggeran, telaga buatan yang sangat indah.

 3. Taman Kaliurang

 
Taman Rekreasi keluarga di kaki gunung merapi ini, sangat pas untuk tempat berkemah bersama anak-anak. Suasananya Yang tenang, udaranya yang dingin, sangat pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di alam.  Untuk berkemah disini anda tidak perlu membawa peralatan kemah sendiri, karena pengelola Taman Kaliurang menyediakan jasa persewaan tenda. Anda bisa bermalam di tenda di camping ground yang disediakan bagi pengunjung. Lokasi ini semakin lengkap untuk acara bersama keluarga karena dekat dengan beberapa objek wisata, seperti Goa Jepang, gardu pandang, Telogo Putri, dan Ulen Sentalu. 

4. Hutan Wanagama
Bila Ingin Berkemah di Hutan, camping di alam yang masih banyak pepohonan, tidak ada salahnya berkunjung ke Hutan Wanagama. Hutan yang berada di kawasan Gunungkidul ini sempat rusak karena penebangan liar hampir menghabiskan pepohonan di hutan ini. untungnya, Prof Oemi Hani’in Suseno mereboisasi hutan ini di tahun 1946. Suasana di hutan ini masih sangat asri. Apalagi udara di dalam hutan terasa sejuk dan bebas polusi. lebih kerennya, Pangeran Charles dari Belanda juga pernah mendatangi hutan ini dan pernah ikut serta menanam bibit pohon jati di Hutan Wanagama.
 
5. Waduk Sermo 


Waduk Sermo ini berjarak hanya 32 KM dari pusat kota Yogyakarta, waduk sedalam 60 meter ini merupakan pilihan berkemah yang favorit selain lokasi gunung, pantai, dan hutan di jogja. Waduk Sermo menawarkan suasana yang tenang dan bersih. Pantulan cahaya matahari senja di air waduk ini membuat suasana di sekitar waduk menjadi lebih menarik. Apalagi dari sini Anda bisa menatap langit malam yang dipenuhi bintang-bintang dengan sangat jelas. Waduk ini juga dikelilingi hutan yang menambah asri suasana di sekitarnya. 

6. Bukit Kosakora 


Sampai saat ini, Ini adalah tempat camping di jogja yang paling favorit bagi semua orang. Bukit Kosakora berada di ketinggian 50 meter di atas permukaan laut, Anda bisa mendengar desir ombak di lautan dan melihat pesisir pantai Gunungkidul dari tempat anda mendirikah kemah. lokasi nge-camp ini suasananya tenang, tapi Anda harus berbagi tempat dengan pengunjung lain yang juga mendirikan tenda di sini karena Bukit Kosakora memang menjadi tempat berkemah yang favorit. Kegiatan seperti bernyanyi sambil bermain gitar dan memandang bintang di langit malam hari yang bersih adalah sejumlah aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berkemah di Bukit Kosakora.