Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Warna Cat Rumah Yang bagus menurut Islam, Sesuai Syariah membawa Berkah

Dalam Islam Rumah Bukan hanya sekedar tempat tinggal untuk berteduh. Rumah dalam islam merupakan salah satu tempat untuk melakukan ibadah, jadi selain untuk tempat tinggal keluarga di dalamnya sebuah rumah haruslah dipenuhi dengan kegiatan yang meningkatkan ketakwaan kepada Allah sang Pencipta. Dalam islam banyak Aspek yang harus diperhatikan agar rumah bisa menjadi tempat yang menjadi "Baiti Jannati" Rumahku surgaku. Ada ketentraman, kenyamanan, dan penghambaan kepada sang khalik disana. Untuk itu Aspek kebersihan, penataan ruang, dan juga warna rumah harus diperhatikan oleh penghuninya. 

Warna Berkaitan erat dengan Aspek Psikologis dan Spiritual Penghuninya. Maka dari Itu, Islam Juga memberikan Saran Kepada Umatnya Agar dalam memilih Warna Setidaknya harus sesuai dengan tuntunan, yang bertujuan agar tercipta peningkatan keimanan dan ketakwaan penghuninya sehingga rumahku surgaku bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. 

Berikut ini adalah pilihan warna rumah yang sesuai dengan tuntunan islam:

1. Hijau


Warna Hijau, Adalah warna yang sangat disukai oleh Rasullullah. sebagaimana disampaikan oleh Nabi bahwa salah satu warna surga adalah warna hijau. Sebagaimana disampaikan dari banyak sumber" Annas Bin Malik berkata bahwa "Warna Hijau Adalah warna yang paling disukai oleh Rasulullah SAW".

Secara Psikologis Warna Hijau memberikan dampak Keteduhan, Ketenangan. Warna ini banyak di pakai untuk bangunan masjid, pondok pesantren, simbol-simbol agama islam yang lain. Alangkah Bagusnya Apabila rumah memakai warna hijau, agar timbul keberkahan di dalamnya. Diharapkan Warna hijau memberikan dampak kenyamanan dan ketentraman kepada setiap penghuni rumah. 

2. Putih

Putih memiliki makna lambang Kesucian, kebersihan. Atribut dalam islam banyak menggunakan warna ini, mulai dari mukena, baju koko, kopyah, dan salah satunya kain kafan sebagai pakaian terakhir ketika meninggal. 

Warna Rumah Putih, diharapkan memberikan dampak positif kepada penghuni rumah. Selain warna putih juga memberikan kesan, bersih, rapi, elegan. warna ini diharapkan akan memberikan efek positif kepada penghuni rumah untuk selalu menjaga diri agar selalu suci, sehingga semakin dekat dengan Allah SWT. 

3. Kuning



Meski Tidak Banyak disinggung, namun warna kuning juga merupakan warna yang disarankan oleh islam. Hal ini mengacu kepada salah satu hadist riwayat Bukhari dan Abi Syaibah " aisyah mengenakan pakaian berwarna kuning ketika sedang ikhram". 

Warna Kuning Sangat cocok untuk rumah dengan desain modern yang minimalis. Rumah yang mengaplikasikan warna kuning akan terkesan, cerah dan ceria. dan timbul perpektif bahwa rumah yang memakai cat warna kuning modern, bersih, dan rapi. Karena itu warna kuning menjadi pilihan yang bagus menurut islam untuk di aplikasikan sebagai cat rumah.

Demikian 3 warna cat yang bagus menurut islam, diharapkan dengan memilih salah satu diantara warna ini muncul keberkahan bagi rumah dan segenap penghuninya.