Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deteksi Masalah Pada Full Pump Mobil, Dan Cara Memperbaikinya


 

Akhir-akhir ini fuel pump nampaknya menjadi sorotan sesudah sejumlah pabrikan seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, dan Nissan melaksanakan penarikan kembali atau recall sejumlah teladan lantaran dilema ada komponen ini.


Lalu apa itu sesungguhnya fuel pump dan fungsinya? Secara biasa, fungsi fuel pump pada kendaraan bermotor macam apa malahan, termasuk kendaraan beroda empat dan motor, sesungguhnya cuma satu, ialah memompa bahan bakar.


Seperti yang dikenal, bensin yang ada di dalam tangki penampungan akan dipompa untuk dialirkan menuju ruang pembakaran dan diubah menjadi tenaga yang akan menolong mesin kendaraan menyala. Namun, berbeda macam kendaraan, berbeda pula pengerjaan pengaliran bahan bakar. Berikut ini Qoala akan berikan review komplit berkaitan definisi fuel pump sampai tarif yang dibutuhkan untuk mengganti fuel pump rusak.


Apa Itu Fuel Pump Kendaraan?

Simpelnya, pompa bahan bakar (fuel pump) adalah salah satu bagian pada cara suplai bahan bakar yang memastikan mesin berprofesi normal.

Pompa bensin atau lebih diketahui dengan fuel pump yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mogok maupun mati tiba-tiba. Sebab itu, banyak pemilik kendaraan beroda empat yang bertanya bagaimana sistem mendeteksi saat fuel pump bermasalah, karena eksistensi dari alat hal yang demikian tak terhubung dengan indikator check engine.


Sedangkan dilema pada fuel pump sedikit susah untuk diidentifikasi, sebab seluruh lampu indikator pada dashboard kendaraan beroda empat tak akan memperlihatkan tandanya. Tapi bukan berarti hal yang tak mungkin untuk mendeteksinya, ada pantasnya kau mulai mengenali pedoman tandanya supaya lebih nyaman dan aman selama berkendara.


Fungsi Fuel Pump Kendaraan

Fungsi fuel pump dalam sebuah kendaraan kendaraan beroda empat ialah untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin kendaraan bermotor. Bahan bakar yang ada di tangki penampungan akan dipompa menuju ruang pembakaran.


Di dalam ruang pembakaran ini, bahan bakar kemudian berubah menjadi tenaga yang dapat membikin mesin kendaraan beroda empat hidup. Meskipun memiliki fungsi yang sama pada seluruh macam kendaraan, pengerjaan pengaliran bahan bakarnya berbeda-beda.


Semisal pada mesin kendaraan yang mengaplikasikan karburator, karenanya pengerjaan pengalirannya ialah bahan bakar mengalir dari tangki menuju ke karburator. Karenanya dari itu, fungsi fuel pump ialah untuk memompa bahan bakar dari tangki ke karburator.


Sementara untuk kendaraan yang berjenis injeksi, pengerjaan pengaliran bahan bakar ialah diawali dari tangki menuju injektor. Jadi, pompa bensin berfungsi sebagai bagian yang memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor.


Variasi Fuel Pump Kendaraan Menurut Sistem Kerjanya

Kecuali fuel pump yang berbeda-beda menurut macam kendaraan, bagian ini malahan juga dibedakan menurut sistem kerjanya.


1. Fuel pump mekanis

Pompa bahan bakar mekanik adalah salah satu macam pompa bahan bakar yang mana masih mengaplikasikan gerakan mekanis memanfaatkan putaran mesin. Pompa bahan bakar mekanis memanfaatkan diafragma yang berlokasi di tengah-tengah pompa. Kemudian didalamnya terdapat dua katup ialah katup masuk dan katup membuang. Sistem kerja kedua katup ini saling berlawanan untuk mengendalikan aliran bahan bakar. Untuk menggerakkan diafragma terdapat pull rod yang terhubung dengan rocker arm. Rocker arm ini akan dikaitkan dengan camshaft. Dengan hal ini karenanya putaran mesin via camshaft akan dikaitkan ke diafragma via rocker arm dan pull rod. Pompa bahan bakar mekanis banyak dipakai di cara bahan bakar konvensional.


Kelebihan fuel pump mekanis

Tak membutuhkan baterai atau listrik

Perawatan lebih gampang

Kekurangan fuel pump mekanis

Bising

Getaran lebih besar

2. Fuel pump elektrik

Pompa bahan bakar elektrik adalah salah satu macam pompa bahan bakar yang memanfaatkan tenaga listrik dari baterai yang mana daya kerja pompa dipegang oleh tenaga listrik ini. Pompa bahan bakar macam ini banyak dipakai pada kendaraan dikala ini yang telah mengaplikasikan teknologi EFI. Pompa bahan bakar elektrik bisa menciptakan tekanan lebih besar dibanding pompa bahan bakar mekanis ialah 2 Kg/cm2 atau lebih.


Kelebihan Pompa Bahan Bakar Elektrik

Getaran yang lebih kecil,

Dapat dipasang pada komponen mana saja tak perlu terhubung dengan mesin lantas,

Bisa berprofesi meskipun mesin dalam keadaan mati.

Kekurangan Pompa Bahan Bakar Elektrik

Patut mengaplikasikan listrik/baterai,

Serta perawatan yang sedikit lebih kompleks.

Didalam pompa elektrik terdapat sebagian bagian seperti rotor yang adalah bagian berputar yang berfungsi untuk menghisap dan menekan bahan bakar. Kecuali itu terdapat magnet dan armature yang akan membikin pompa berprofesi memutar. Prinsip kerjanya sama seperti motor starter bedanya cuma pada pemanfaatan putaran yang dijadikan oleh motor.


Ciri-ciri Fuel Pump Kendaraan Rusak

Mengingat fungsi fuel pump yang benar-benar krusial kepada keberlangsungan daya kerja kendaraan, karenanya AutoFamily patut merawat dan menjaga kondisinya. Hati-hati dan waspadalah bila pompa bahan bakar mobilmu memperlihatkan gejala kerusakan dengan ciri-ciri seperti berikut:


1. Kendaraan Menjadi Susah Dinyalakan

Ciri yang pertama ialah mesin kendaraan beroda empat akan sulit menyala saat terparkir dalam waktu yang cukup lama. Tidak ini disebabkan oleh bahan bakar yang harusnya telah siap, melainkan tak tersedia di trek bahan bakar atau yang disebut trek fuel line.


Kendaraan cuma itu, dikala pompa bensin kendaraan beroda empat mulai bermasalah ialah mesin kendaraan beroda empat brebet. Tidak ini dikarenakan pompa bensin tersumbat kotoran dari tangki bensin sebab mutu bahan bakar yang buruk. Jadi mesin terasa kosong padahal pedal gas telah terinjak.


2. Lampu Indikator Injeksi Kendaraan Berkedip

Kerusakan fungsi pompa bahan bakar seringkali ditandai dengan lampu indikator kendaraan beroda empat yang menyala terus. Lampu indikator injeksi ini berada pada bagian injeksi yang berlokasi pada dashboard komponen dalam sisi kemudi. Jikalau ada kedipan pada check engine lamp, karenanya telah terang ada dilema pada komponen pompa bahan bakar kendaraan beroda empat.


Kecuali dua hal di atas, ada juga ciri-ciri lain fuel pump kendaraan beroda empat rusak, seperti sekring pompa bensin gosong dapat menjadi salah satu ciri kerusakan pada bagian ini. Penyebab gosongnya sekring ini sebab tersumbat endapan kotoran, sehingga daya kerja sekring lebih berat. Jikalau sekring gosong, karenanya daya kerja dari pompa bensin juga tak normal. Dan juga bau bensin yang menyengat dari asap knalpot yang disebabkan oleh pengerjaan pembakaran pada mesin yang kurang total. Oleh karena itu, amati sekiranya ada bau menyengat dari asap knalpot kendaraan beroda empat.


Sistem Cara Fuel Pump Kendaraan

Fuel pump yang rusak untungnya dapat dikoreksi. Sistem mengkoreksi fuel pump kendaraan beroda empat terdiri dari sebagian langkah, mulai dari komponen relay, wiring harness, sampai tahanan fuel pump. Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Pemeriksaan relay fuel pump

Relay fuel pump ialah bagian yang berfungsi sebagai saklar elektronik untuk mengalirkan arus listrik supaya pompa bahan bakar bisa berprofesi. Sistem mengkoreksi fuel pump kendaraan beroda empat diawali dari komponen ini. Caranya, lepas relay dari soketnya. Lalu, cek tahanan terminal 3 dan 5. Idealnya, hasil standar berada pada angka 10 kilo Ohm atau lebih. Lanjut cek tahanan terminal 3 dan 5 dengan penambahan satu kekuatan pada terminal 1 dan 2. Hasil standar ialah di bawah 1 Ohm.


Pengecekan wiring harness fuel pump

Fuel pump mempunyai rangkaian kelistrikan dengan wiring diagram tertentu. Jikalau ini patut dicek dalam rangkaian sistem mengkoreksi fuel pump kendaraan beroda empat sebab dapat saja mengalami korsleting listrik. Alur pengecekan ialah sebagai berikut:


  • Pemeriksaan relasi antara terminal FC1 dengan relay F/P. Hasil standar di bawah 1Ω.
  • Pengecekan relasi antara terminal FC1 atau relay F/P dengan masa bodi. Hasil standar 10 kΩ atau lebih.
  • Pemeriksaan sambungan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar. Hasil standar di bawah 1 Ω.
  • Pengecekan hubungan terminal 3 motor pompa dengan masa bodi. Hasil standar sebesar 10 Ω atau lebih.
  • Pemeriksaan relasi terminal 4 motor pompa dengan masa bodi. Hasil standar di bawah 1 Ohm.

Pemeriksaan tahanan fuel pump

Sistem mengkoreksi fuel pump kendaraan beroda empat yang terakhir ialah pemeriksaan tahanannya. Tidak ini bertujuan untuk mengenal daya kerja motor pompa. Tidak tahanan terlalu besar, karenanya motor pompa akan berputar lambat dan menyebabkan beraneka dilema. Semisal, keterlambatan suplai bahan bakar dan tekanan bensin berkurang.


Pemeriksaan dikerjakan dengan melepaskan terminal fuel pump, lalu menilai tahanan terminal 3 dan 4. Hasil standar ialah 0,2-0,3 Ohm pada suhu 20 derajat Celcius. Jikalau terdapat perbedaan, karenanya dibutuhkan penggantian motor pompa.


Mungkin kau juga mulai bertanya bagaimana sistem untuk mencegah supaya pompa bensin tak mengalami dilema seperti itu? Salah satu caranya ialah dengan melaksanakan pembersihan atau menguras tangki bahan bakar secara rutin.


Kendaraan cuma itu, kau juga dapat mengaplikasikan sebagian kiat lainnya. Ada sebagian kiat simpel yang dapat kau lakukan untuk mencegah terjadinya dilema pada pompa bensin kendaraan beroda empat. Apa sajakah itu? Ini ia penjelasan lengkapnya.


Jangan Pas Mengisi Bahan Bakar

Kiat yang pertama ialah kau tak boleh telat untuk mengisi bahan bakar. Tidak ini sebab bahan bakar juga mempunyai fungsi sebagai pelumas dan pendingin pompa bensin. Jadi bila tak ada bahan bakar, karenanya pompa bensin akan panas dan tak berprofesi dengan bagus.


Pemilik kendaraan beroda empat direkomendasikan untuk langsung mengisi bahan bakar saat sisa bahan bakar cuma seperempat dari volume tangki. Tidak ini untuk menjaga pompa bensin supaya dapat senantiasa berprofesi dengan bagus untuk memompa keperluan bahan bakar pada kendaraan.


Menguras Tangki Secara Rutin

Kiat yang kedua ialah dengan menguras tangki bahan bakar secara terpola . Untuk kendaraan beroda empat baru, lakukan pengurasan tangki bahan bakar setidaknya sesudah lima tahun pengaplikasian. Tidak ini tentu berbeda dengan kendaraan beroda empat yang sudah lama diterapkan.


Untuk kendaraan beroda empat lama, setidaknya lakukan pengurasan tangki bahan bakar tiap-tiap dua tahun sekali. Menguras tangki ini bertujuan untuk membersihkan kuman di dasar tangki dan menghilangkan kotoran pada tangki dampak bahan bakar yang kumal.


Mengisi Bahan Bakar Pada Waktu yang Jikalau

Kiat yang terakhir ialah senantiasa mengisi bahan bakar kendaraan beroda empat di waktu yang pas. Maksudnya bagaimana? Maksudnya ialah tak mengisi bahan bakar dikala pihak SPBU sedang mengisi bunker atau dikala cuaca dingin.


Tidak ini sebab pada dikala SPBU mengisi bunker atau dikala SPBU sedang ramai di siang hari, ada kemungkinan bunker SPBU tak steril 100% dari kotoran yang mengendap pada dasar bunker. Jadi, sebaiknya isilah bahan bakar dikala SPBU sedang sepi.


Meski mengenal fungsi dan ciri-ciri fuel pump yang bermasalah, dan terbukti pompa bensin mobilmu memang bermasalah, karenanya langsung bawa mobilmu ke bengkel sah terdekat. Di sana kau dapat melaksanakan pembenaran dan pergantian pada pompa sekiranya diperlukan.


 Fuel Pump Kendaraan Rusak

Kasus fuel pump rusak beberapa besar disebabkan sebab bagian ini tersumbat oleh endapan kotoran. Kotoran-kotoran itu dapat dari banyak elemen, antara lain mutu bahan bakar yang tak bagus. Atau dapat juga dampak bahan bakar lama diizinkan mengendap di dalam tangki dampak kendaraan beroda empat tak pernah dikerjakan.


Harga Fuel Pump Kendaraan

Jikalau fungsi fuel pump telah tak bagus dan tak dapat dikoreksi, karenanya penggantian ialah jalan terbaik. Tak usah kuatir soal harganya, sebab kau dapat pilih banderol yang bervariasi tergantung merek.


Di pasaran semisal, harga fuel pump kendaraan beroda empat untuk kendaraan beroda empat macam Toyota Avanza dibanderol mulai Rp 100 ribuan – 200 ribuan. Dengan harga hal yang demikian kau telah dapat menerima merek Denso. Ada juga fuel pump merk bosch dengan kisaran harga Mulai Rp 250 sampai 300 ribuan.


 fuel pump untuk motor, pada Yamaha NMAX semisal satu set termasuk pelampung dibanderol mulai Rp 500 – 600 ribuan.  fuel pump untuk Honda PCX berkisar antara Rp 600 – 1 jutaan.