Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Riset Produk Terlaris Di Shopee

Cara Riset Produk Terlaris Di Shopee - Riset Produk Merupakan Pondasi Utama dalam bisnis online. sebagai seorang digital marketing, kemampuan utama yang harus anda miliki adalah riset. riset berfungsi untuk mengetahui produk yang sedang banyak di cari oleh konsumen, sehingga nantinya ketika anda melakukan penjualan barang yang anda jual akan cepat terjual. 

 Mungkin dalam tahap awal anda membangun bisnis online anda bergerak sebagai dropshiper, atau sebagai reseller yang menyetok barang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. untuk itu anda perlu riset produk dan supplier yang bisa jadi patner bisnis di market place. Untuk Senjata Penjualan mungkin anda bisa menggunakan FB ads maupun Instagram Ads. Namun sebelum menginjak pada startegi penjualan, yang terpenting andalah anda bisa menemukan produk yang pas, laris, sedang trend, dan itu semua bisa anda baca dengan memperhatikan data yang ada di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dll. 

Lalu riset seperti apa yang harus dilakukan di marketplace? untuk menemukan ide produk yang siap jual dan punya pasar yang besar. mari kita simak bebrapa cara untuk riset produk berikut ini:

1. langkah 1
Lakukan Riset dengan mengetikkan produk yang laris di kolom pencarian marketplace. kumpulkan setidaknya lebih dari 5 produk, agar anda punya opsi lebih dalam menentukan produk yang paling sesuai untuk anda jual. untuk riset ini bisa dilakukan dengan cara manual maupun cara otomatis. sebagai saran untuk tahap memulai sebaiknya menggunakan cara manual saja. untuk itu saya akan paparkan bagaimana cara riset secara manual di market place. 

 Riset Ide Produk Secara Manual

Untuk riset kita akan menggunakan marketplace tokopedia sebagai tempat untuk mencari ide produk yang akan di jual. kenapa di tokopedia, salahsatunya karena banyak sekali supllier yang membuka lapak di market place ini, sehingga selain mencari produk anda juga sekalian bisa mencari supplier yang termurah dimana bisa menjadi tempat anda bisa mengambil barang nantinya.

1. buka marketplace tokopedia


2. Dari Hasil riset saya mendapati ada produk yang terjual lebih dari 2000 testimoni, dengan mengetikkan vacumm cleaner di kolom pencarian dan pilihan penjualan, saya mendapati produk "vacumm cleaner  hoover bolde" ternyata sangat laris. ini bisa saya masukan list untuk produk yang nantinya bisa di jual kembali.


 Lakukan riset dengan cara yang Sama untuk menemukan 9 ide produk lainnya. ingat kuncinya anda diriset produk ini, pastikan anda benar-benar menemukan produk yang memang laris. jangan terburu-buru, riset butuh waktu 2-3 hari sampai benar-benar menemukan list produk yang pas. 
2. Riset Strategi Penjualan di SOSMED
Senjata penjualan yang masih sangat powerfull saat ini adalah dengana menggunakana fasilitas social media. facebook dan instagram merupakan sosial media yang sedang populer bagi orang indonesia. lakukan riset di kedua platfrom tersebut untuk melihat peluang pasar, apakah produk yang akan kita iklankan masih memiliki peluang besar dan minim persaingan. langkah pertama ketikan di kolom pencarian facebook ""vacumm cleaner  hoover bolde" hasilnya terlihat sebagaimana gambara di bawah ini:



Sudah ada beberapa orang yang menjual produk tersebut, namun jumlahnya masih sedikit. ini pertanda bahwa masih peluang besar untuk menjual produk tersebut. Silahkan iklankan produk tersebut dengan FB ads atau Instagram Ads. 

3. Langkah Ketiga Riset Di Google Trends
langkah ini sebagai langkah pemantapan. Buka Google trends dengan mengetikan di kolom pencarian google kata "google trends". lakukan riset dengan mengetikan kata kunci produk, untuk mengetahui apakah benar produk tersebut sedang menjadi trend di indonesia, dan kita bisa melihat di kota mana saja yang paling banyak mencari produk tersebut. hal ini berkaitan dengan penentuan target iklan FB ads anda nantinya, sesuaikan dengan kota yang paling banyak mencari produk tersebut. 


Perhatikan grafik yang menunjukan trends pencarian selama rentang waktu tertentu terhadap sebuah produk yang sedang di riset. dibawah diagram tersebut terdapat data mengenai kota kota yang paling banyak melakukan pencarian berdasar kata kunci tersebut. dan di bawahnya lagi anda akan bisa mendapat data kata kunci tentang apa yang paling banyak di cari berkaitan dengan produk tersebut. jadi data anda semakin lengkap untuk membuat lead iklan yang menjual. 

Setelah Mendapat data Yang valid berdasar step-step diatas, anda bisa maksimalkan dalam pembuatan iklan FB ads Anda. sesuaikan target berdasarkan kota, minat, dan hal-hal yang berkaitan dengan produk tersebut, agar iklan anda tepat sasaran dan menghasilkan penjualan yang sangat memuaskan. 

Itu tadi cara riset ide produk yang bisa di cari di market place dan di jual lewat facebook dan instagram. untuk cara membuat iklan fb ads bisa di cari di artikel artikel yang banyak ditulis oleh praktisi praktisi fb ads.