Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalan Jalan Ala Backpacker ke Solo dari Jogja Naik kereta Prameks

   

Hobi traveling ala backpacker cukup mengasyikkan. karena selama perjalanan bisa mengeksplorasi tempat-tempat wisata yang dikunjungi secara bebas, dan tentunya dengan biaya yang murah. Tentunya sebagai seorang backpacker, sangat familiar dengan memanfaatkan transportasi umum yang tersedia, karena dengan naik transportasi umum biaya yang dikeluarkan bisa ditekan sedemikian minim, jika dibandingkan dengan wisata menggunakan jasa agen wisata. 

Sebagai seorang backpacker tentunya sangat akrab dengan perjalanan naik bus, naik kereta, naik angkutan kota ataupun angkutan pedesaan, dan tentunya harus kuat berjalan kaki. selama tujuan yang akan dikunjungi tidak terlalu jauh, alternatif jalan kaki bisa menjadi pilihan yang paling pas, selain semakin sehat, juga tidak mengeluarkan biaya lagi. 

jika anda saat ini sedang melakukan perjalanan wisata ala backpacker ke jogja, dan sudah mengunjungi  spot-spot wisata di jogja, namun anda masih memiliki cukup waktu untuk melanjutkan perjalanan lagi, tidak ada salahnya anda melanjutkan ekplorasi wisata anda ke kota solo. Kota budaya yang terletak tidak jauh dari jogja. 

Solo secara budaya hampir mirip dengan jogjakarta, secara historis sebenarnya ada hubungan keterikatan antara solo sebagai kerajaan mataram, dengan jogja yang juga merupakan bagian dari kerajaan mataram yang terpisah karena adanya perjanjian Giyanti pada 13 Februari 1755. Perjanjian ini merupakan taktik politik adu domba Belanda untuk melemahkan kekuatan kerajaan Mataram saat itu. sejak perjanjian Giyanti Mataram terpecah menjadi dua kerajaan, yaitu wilayah sebelah timur sebagai Keraton Solo di bawah kekuasaan Paku Buwono dan wilayah sebelah barat menjadi keraton Jogjakarta di bawah kekuasaan Pangeran Mangkubumi.  

Untuk Kesolo dari Jogja hanya menempuh jarak kurang lebih 75 Km.  terdapat beberapa alternatif transportasi yang bisa anda pilih, yaitu naik bisa antar kota antar Propinsi, dari terminal Giwangan menuju terminal Tirtonadi Solo. Untuk Ongkos naik Bis, ekonomi anda cukup membayar Rp 15.000 untuk bis Ekonomi dan Rp 20.000 untuk bis Patas. 

Alternatif kedua Anda bisa menggunakan Kereta Api Prameks. Kereta Api dengan trayeks jarak dekat Jogja-Solo. Kereta Api Ini Hampir setiap jam Ada jadwal Perjalanan dari jogja-solo. jarak tempuh perjalanan sekitar 50 menit. Bagi Anda Backpacker, Kereta Api Prameks ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena untuk tiket sekali perjalanan hanya Rp. 8000. Cukup murah bukan? dan menariknya anda bisa langsung turun di jantung kota solo. 

Untuk naik Kereta Api Prameks Anda bisa Naik dari 3 stasiun utama di jogja. Stasiun Tugu yogyakarta, Stasiun kereta api Lempuyangan, dan stasiun Maguwo di depan bandara Adisucipto. Anda tinggal menyesuaikan mau naik dari stasiun mana, tergantung posisi anda terakhir. jika anda berada di seputaran malioboro, anda bisa langsung naik dari stasiun tugu jogja. jika anda berada di sekitar prambanan, anda bisa menggunakan trans jogja untuk menuju stasiun maguwo depan bandara Adisucipto. 

Anda bisa turun di Dua Stasiun Utama Solo, Yaitu Stasiun balapan Solo, Atau Stasiun Purwosari. Sebagai Saran, sebaiknya Anda Turun di Stasiun Purwosari, tepat di jantung kota solo. dari stasiun purwosari anda bisa menjelajah kota solo dengan menggunakan beberapa moda transportasi, trans solo, becak, atau menggunkan ojek online. 

Objek Wisata Di Solo

Setelah tiba disolo Anda bisa mengunjungi beberapa objek wisata untuk melengkapi perjalanan backpacker anda. berikut beberap objek yang layak anda kunjungi:

1. Keraton Solo 
Solo Sama Seperti jogja, masih memiliki keraton yang bisa di kunjungi. Anda bisa masuk kedalam keraton solo untuk menambah wawasan anda dengan melihat langsung salah satu bagian dari kerajaan mataram. 

2. Pasar Klewer
ingin membawa oleh oleh buat orang-orang terdekat, bisa mengunjungi pasar Klewer, Sentra Batik dan cinderamata khas solo. pasr klewer yang sudah melegenda ini, hanya bersebelahan dengan keraton solo. dari pintu keluar keraton solo anda tinggal berjalan 200 meter, sudah sampai di sentra kerajinan batik ini. anda bisa memborong berbagai macam jenis batik khas solo yang harga murah-murah.    

3.Grojogan Sewu Tawangmangu
Air terjun di kaki gunung lawu ini masuk kedalam wilayah administartif kabupaten karanganyar. tidak ada salahnya anda mengunjungi tempat ini, tempatnya yang sejuk dan pemandangan air terjunnya dapat memanjakan mata anda.Untuk menuju tawangmangu dari kota solo menempuh perjalanan ini kurang lebih satu jam. sayangnya transportasi kesan tidak cukup memadai, jadi anda bisa menggunakan jasa transportasi online.    

4. Kebun Binatang Jurug
Solo Memiliki kebun Binatang yang memeliki koleksi binatang yang terhitung lengkap. tidak ada salahnya mampir ke kebun binatang jurug yang terletak di solo bagian timur ini. kenapa? karena kebun binatang ini bersebelahan dengan Sungai Bengawan Solo yang melegenda itu. Jadi Anda bisa mengunjungi dua tempat sekaligus. Kalo Ingin mampir ke kampus negeri bisa berkunjung ke Universitas Sebelas Maret Surakarta yang hanya berjarak 100 meter dari pintu kebun binatang Jurug. 

Objek wisata yang lain yang bisa menjadi list kunjungan anda adalah Taman Balekambang, istana Mangkunegaran, Taman kuliner malam hari Ngarsopuro.   

Jadi Tidak Ada salahnya Anda mencoba naik Prameks dari jogja kesolo, karena terdapat banyak tempat- tempat wisata yang bisa anda kunjungi.